DPK Kaltim Tingkatkan Literasi Masyarakat di kaltim

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Meningkatkan literasi dan minat baca masyarakat menjadi salah satu tantangan yang belum berujung untuk Kaltim. Itu terlihat dari indeks pembangunan literasi masyarakat (IPLM) dan tingkat gemar membaca (TGM) yang masih belum mencapai rata-rata ideal.

“TGM diukur berdasarkan lamanya tingkat baca dan penggunaan internet untuk membaca,” ungkap Pelaksana Harian Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Taufik.

Demi meningkatkan persentase dua indikator tersebut, berbagai upaya telah mereka tempuh. Salah satunya dengan menyelenggarakan Tour Library Kaltim. Kegiatan tersebut sudah terselenggara sejak 2022. Nah, tahun ini, kegiatan tersebut kembali dilaksanakan dengan menyasar berbagai lokasi.

Setelah sukses menyelenggarakan acara membaca dan mendongeng bersama 1.000 anak di GOR serbaguna Gelora Kadrie Oening, DPK Kaltim melanjutkan misinya di Samarinda dengan menggelar talk show. Bertajuk Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat, kegiatan tersebut terlaksana di Ruang Maratua, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Senin (27/11).

Acara ini dihadiri sekitar 300 peserta, meliputi guru TK, SD, SMP, TP PKK, pegiat literasi, dan mahasiswa. Talk show ini menghadirkan sejumlah narasumber yang berpengalaman di bidang literasi, antara lain Rintas Tasya, Sudarman, Fery Curtis, Rusman Ya'qub, dan Syafruddin Pernyata.

“Dengan menghadirkan berbagai perspektif dan pengalaman, diharapkan talk show ini dapat memberikan wawasan baru dan memotivasi peserta untuk lebih aktif dalam membaca dan menulis,” tutup Taufik. (adv/hms/DPK)