Dengarkan Dongeng Membuka Imajinasi

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BONTANG - Pelaksanaan Tour Library 2023 oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim diapresiasi banyak pihak. Kegiatan tersebut diyakini mampu menghidupkan lagi ketertarikan publik terhadap aktivitas membaca dan berliterasi sebagai bagian dari aktivitas sehari-hari.

Seperti yang diungkapkan Bunda Literasi Bontang Hapidah saat menghadiri kegiatan Mendongeng dan Membaca Bersama 1.000 Anak di GOR Mulawarman PKT Bontang, Senin (27/11). Menurutnya, pada usia 11-12 tahun, anak-anak memang lebih baik mendengarkan dongeng daripada membaca.

Lewat dongeng, anak-anak dapat lebih fokus dan mampu membuka ruang imajinasinya ketika membayangkan jalan cerita dongeng tersebut. “Kegiatan mendongeng memang memiliki daya tarik tersendiri, terutama untuk usia anak-anak yang masih dalam fase perkembangan. Dengan cara ini, mereka dapat lebih terlibat dalam cerita dan meningkatkan imajinasi mereka,” ujar Hapidah.

Menurutnya, penampilan yang diberikan oleh Kak Heru, salah satu pendongeng nasional dan Fery Curtis, penyanyi literasi nasional, sangat apik menampilkan karyanya di hadapan 1.000 anak yang hadir. “Sangat baik, kita lihat seluruh anak-anak sangat antusias dan tentunya saya, sebagai pegiat literasi sangat bahagia melihat keceriaan di wajah mereka,” ungkap istri Wali Kota Bontang Basri Rase tersebut.

Apresiasi Bunda Literasi Bontang ini menjadi dukungan tambahan untuk upaya DPK Kaltim meningkatkan literasi di Kaltim, khususnya di Bontang. Tour Library Kaltim 2023 terus berupaya memberikan pengalaman literasi yang beragam dan menarik bagi anak-anak, dengan harapan dapat membentuk generasi yang gemar membaca dan memiliki daya imajinasi yang kreatif. (adv/hms/DPK)