Seribu Anak di Berau Semarakkan Acara mendongeng

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - TANJUNG REDEB - Seribu anak dari berbagai sekolah dasar di Berau ambil bagian dalam kegiatan Mendongeng dan Membaca Bersama 1.000 Anak. Kegiatan rangkaian Tour Library Kaltim 2023 garapan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim itu terlaksana di aula Universitas Muhammadiyah Berau, Kamis (30/11).

Mewakili Bupati Berau Sri Juniarsih Mas, Staf Ahli Keuangan dan SDM Jaka Siswanta mengatakan, kegiatan tersebut sangat positif dan dapat mendorong anak-anak menambah wawasan kebudayaan sekitarnya. “Dongeng itu juga pastinya sangat menghibur, tepat dengan masa mereka yang lekat dengan bermain. Dengan mendongeng, mereka akan merasa seperti bermain dan jadinya terhibur,” ujar Jaka.

Acara mendongeng dan membaca bersama 1000 anak ini turut dihadiri oleh berbagai tokoh literasi nasional, seperti Ketua Kampung Dongeng Bunda Fitri, penyanyi literasi nasional Ferry Curtis, dan pendongeng nasional Kak Heru. Mereka berkolaborasi menciptakan suasana yang meriah dan mendidik, mengajak anak-anak untuk menyukai dunia literasi.

“Melalui kegiatan seperti ini, kita berharap anak-anak tidak hanya terhibur, tetapi juga dapat tumbuh minat baca dan imajinasi mereka. Literasi adalah investasi masa depan, dan Berau sangat mendukung inisiatif seperti Tour Library Kaltim 2023 ini,” tambah Jaka.

Kegiatan tersebut juga diapresiasi oleh para peserta. Guru SD Muhammadiyah Tanjung Redeb Nur Aini sangat senang karena kegiatan tersebut membuat anak-anak tampak ceria dan bersemangat.

senada, Ketua Kampung Dongeng Bunda Fitri menambahkan, kegiatan mendongeng dan membaca bukan hanya menyenangkan, tetapi juga memberikan banyak manfaat. “Kegiatan mendongeng ini bukan sekadar hiburan semata, tapi juga dapat membangkitkan imajinasi anak, meningkatkan kreativitas, dan tentu saja memperluas kosa kata mereka,” ungkap Bunda Fitri. (adv/hms/DPK)