DPK Kaltim Jemput Bola ke Sekolah – Sekolah

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Puluhan peserta didik dari SD Islam Terpadu Madina tampak begitu antusias ketika melihat mobil bertuliskan Perpustakaan Keliling memasuki halaman sekolah mereka di Jalan Sultan Alimuddin, Samarinda. Kehadiran mobil tersebut selalu menjadi yang dinanti setiap bulannya.

Sebab, mobil tersebut membawa koleksi buku baru yang bisa mereka baca bersama teman-teman. Yang paling dicari tentu saja buku anak. Ada yang membacanya masing-masing. Ada pula yang berkelompok kemudian saling bertukar buku. Seperti yang dilakukan Syahnaz dan Anindita dari kelas 3 Usma.

“Tambahin lagi buku-bukunya. Senang banget baca buku bergambar jadi tidak bosan di sekolah. Maunya tiap hari mobil perpustakaan datang ke sekolah,” jelas mereka saling menimpali dengan kompaknya.

Tak hanya Syahnaz dan Anindita, Ammat dan Affan, siswa kelas 5 Umar mengatakan, kedatangan perpustakaan keliling menambah pengetahuan mereka. Buku ensiklopedia dan sejarah nabi menjadi dua koleksi buku yang menjadi favorit mereka. “Buku favoritku tentang Umar Bin Khattab. Maunya buku-buku kayak begini diperbanyak,” ucap Affan seraya memperlihatkan buku yang ia baca.

Ustazah Lia, selaku guru dan wali kelas 5 Umar mengaku anak-anak sangat antusias dengan perpustakaan keliling. Ia pun mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim atas komitmennya dalam mempermudah akses membaca kepada masyarakat khususnya anak-anak. “Semoga koleksi buku anaknya semakin diperbanyak dan kegiatan ini bisa rutin. Langkah ini baik agar anak-anak tetap membudayakan membaca di tengah arus modernisasi,” papar Lia.

DPK Kaltim terus berkomitmen menjalankan perpustakaan keliling untuk masyarakat. Tidak hanya ke sekolah-sekolah, pada pekan pertama dan kedua setiap bulannya, DPK Kaltim juga drop book di lembaga pemasyarakatan, rumah tahanan, dan panti sosial. (adv/hms/dpk)