Naik Ke Gudang Tahu, Warga Selili Samarinda Amankan Buaya

featured-image

Warga sedang amankan buaya (istimewa)

Samarinda - Seekor buaya berukuran 1,5 meter berhasil diamankan warga kawasan Jl Lumba-lumba Kelurahan Selili Kecamatan Samarinda Ilir. Senin (26/12) sekitar pukul 04:00 Wita.

Warga secara beramai-ramai menggunakan alat sederhana menangkap hewan buas tersebut. Buaya berhasil ditangkap setelah kaki dan mulutnya diikat menggunakan tali.

Salah satu saksi Fahreza, yang melihat buaya tersebut naik ke pabrik tahu. Lantaran, dapat membahayakan warga yang berada disekitar, ia bersama warga lain langsung menjerat buaya. 

"Tidak pernah melihat buaya langsung naik seperti itu. Kemungkinan jika berada di bawah (sungai, red) kami biarkan saja," kata Fahreza.

Diketahui, di Sungai mahakam memang kerap ditemui buaya liar.

Warga resah karena buaya tersebut sering berkeliaran di permukiman warga. Dimana aliran sungai yang masih kerap digunakan sehari-hari oleh warga untuk mandi, cuci, kakus (MCK).

Usai berhasil ditangkap, warga langsung menghubungi Dinas Damkar Kota Samarinda, guna dilepas kekawasan liar yang jauh dari pemukiman penduduk. 

Kepala Dinas Damkar Hendra, saat dihubungi melalui sambungan telepon, membenarkan adanya penangkapan hewan buas itu. 

"Benar, anggota lain Damkar sudah mengamankan buaya yang ditemukan warga itu, cukup bahaya jika dibiarkan. Rencananya buaya ini akan dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya yang jauh dari permukiman warga," pungkas Hendra.