Maju, Lima Perpustakaan Sekolah di Kukar Raih Kreditasi

M

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - KUTAI KARTANEGARA - Akreditasi jadi salah satu tolok ukur kemajuan pengelolaan dalam sebuah institusi. Tidak terkecuali perpustakaan. Hal tersebut yang menjadi perhatian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. Sebab, semakin banyak perpustakaan terakreditasi menandakan semakin baiknya standar pelayanan kepada para pemustaka.

DPK Kaltim kemudian menyelenggarakan akreditasi atau penialaian pengelolaan perpustakaan pada lima sekolah di Kutai Kartanegara (Kukar) pada 8-9 November 2023. Lima sekolah tersebut adalah SMP Negeri 1 Sebulu, MTs Negeri Tenggarong, SMP Negeri 1 Tenggarong, SMP Negeri 4 Muara Badak, dan SD Negeri 035 Tenggarong.

Asessor akreditasi perpustakaan melibatkan Pustakawan DPK Kaltim Andi Anwar, Patimah Irny, Agustinus TR, Rosanna BR Sitepu, dan Kusiatun. Pustakawan Ahli Muda, Marthen Rumana mengapresiasi atas semakin banyaknya jumlah sekolah yang perpustakaannya terakreditasi. Itu menjadi angin segar dalam peningkatan kualitas literasi di Kaltim.

“Akreditasi membantu perpustakaan melihat standar pelayanan dan sarana—prasarana perpustakaan, apakah memuaskan atau bermanfaat dengan baik kepada pemustaka,” papar pria yang akrab disapa Marthen tersebut.

Tidak menutup kemungkinan, jumlah perpustakaaan yang terakreditasi dapat terus bertambah. Sebelumnya, pada Februari, Perpustakaan DPK Kaltim mendapat akreditasi A dari Perpusnas RI atas pencapaian mengupayakan semakin banyak perpustakaan di Kaltim yang mengantongi akreditasi.

“Akreditasi tidah hanya sekadar predikat. Akreditasi juga komitmen seluruh keluarga anggota perpustakaan untuk memberikan pelayanan dan pemenuhan literasi kepada masyarakat,” pungkas Marthen. (adv/hms/DPK)