Dispusip Berau Gelar Kegiatan KKPK

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BERAU - Kegiatan ketiga dalam rangkaian Tour Library Kaltim 2023 di Berau yakni Kelas Menulis Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK). Kegiatan tersebut terselenggara di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Berau, Kamis (30/11). Sebanyak 123 siswa dari jenjang sekolah dasar dan menengah pertama, ambil bagian dalam kegiatan pembelajaran teknik menulis yang baik etrsebut.

Dipandu oleh Vicky Larasati, peserta diajari untuk menulis yang baik. Mereka pun dipandu membuat berbagai premis dalam menulis. “Acara berlangsung cukup meriah, Alhamdulillah sebagai pembicara, saya bisa memberikan ajaran kepada para siswa bagaimana cara menulis yang baik. Anak-anak pun diarahkan untuk membuat berbagai premis yang baik,” ungkapnya.

Kegiatan ini bertujuan meningkatkan minat baca dan menulis di kalangan siswa SD-SMP, sekaligus memberikan panduan praktis bagi mereka dalam mengeksplorasi dunia tulis-menulis.

Dengan melibatkan para pembicara yang berkompeten di bidangnya, seperti Vicky Larasati yang juga merupakan editor di penerbit Mizan, diharapkan para peserta dapat meraih manfaat positif dari kegiatan KKPK ini dan mengembangkan potensi kreatif mereka dalam menulis.

Sementara itu, staf pelaksana Dispusip Berau mengungkapkan, kelas menulis KKPK hasil kolaborasi Dispusip Berau dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim itu merupakan langkah positif.

Ia pun berencana memantau lebih lanjut karya-karya yang dihasilkan oleh siswa-siswa yang mengikuti kelas menulis ini. “Apabila ada karya yang menonjol dan baik, kami tidak ragu untuk memberikan informasi kepada penerbit Mizan agar karya-karya tersebut dapat diterbitkan,” ungkap Ani.

Menurutnya, kegiatan kelas menulis ini tidak hanya memberikan wawasan mendalam kepada siswa tentang dunia menulis. Juga membuka peluang mereka menunjukkan bakat dan kreativitas dalam menghasilkan karya-karya yang bernilai.

“Melalui kelas menulis, siswa dapat mengenal lebih dalam bagaimana menulis cerpen, komik, novel, dan jenis karya tulis lainnya dengan baik. Ini adalah peluang besar bagi mereka untuk mengasah kemampuan menulisnya,” tambah Ani. (adv/hms/DPK)