DPK Kaltim Kembali Gelar Tour Library

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim kembali menggelar Tour Library. Tahun ini memasuki edisi keduanya. Tour Library jadi agenda peringatan hari ulang tahun ke-60 tahun DPK Kaltim yang jatuh pada 19 Desember mendatang.

Rangkaian kegiatan tersebut dibuka lewat seremoni di gedung serbaguna, Gelora Kadrie Oening, Samarinda, Minggu (26/11). Hujan deras tak melunturkan semangat hadirin yang terdiri dari siswa, guru, dan orangtua murid.

Pada kegiatan tersebut, DPK Kaltim menghadirkan sejumlah tokoh literasi kondang. Seperti pendongeng anak Indonesia Kak Heru, Ketua Kampung Dongeng Kaltim Bunda Fitri, dan musisi literasi Indonesia Ferry Curtis. Ferry membawakan karya miliknya, Yo Ayo Ke Perpustakaan dan Pemimpin Besar Pasti Membaca.

“Terima kasih anak-anak semua. Saya sangat bahagia melihat anak-anak semua hari ini. Mendongeng lima menit merupakan waktu berharga untuk anak dan orang tua bersilaturahmi juga melestarikan kebudayaan Kaltim. Semoga agenda ini meningkatkan minat mendongeng kepada anak dan orang tua,” ucap Kepala DPK Kaltim Muhammad Syafranuddin.

Demi menambah semangat para peserta, pria yang karib disapa Ivan itu berjanji memberi sepeda kepada tiga anak yang aktif selama mendongeng. “Semoga kegiatan mendongeng menjadi pemicu bagi adik-adik semua untuk mewarisi kebudayaan,” sambung Ivan.

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Taufik senang dengan antusiasme peserta. Yang berbeda pada Tour Library tahun ini, yakni fokus lokasi daerah yang akan disambangi. yakni arah utara Kaltim, seperti Samarinda, Bontang, Kutim, dan Berau.

“Rangkaian acaranya meliputi, Mendongeng bersama 1.000 anak di setiap daerah, talk show mengenai minat baca dan korelasinya dengan kesehatan, serta kelas menulis untuk anak bersama tim Penerbit Mizan. Tour Library akan menjadi program DPK Kaltim dalam meningkatkan TGM (tingkat gemar membaca) dan IPLM (indeks pembangunan literasi masyarakat),” ucap Taufik.

Rangkaian Tour Library di Samarinda dilanjutkan pada Selasa (27/11) dengan menggelar talk show bertajuk Membaca dan Menulis Membuat Kita Sehat. Kegiatan itu digelar di aula Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kaltim dan kelas menulis bertema Kecil-Kecil Punya Karya (KKPK) di Aula Oemar Dahlan, DPK Kaltim. (adv/hms/DPK)