Beragam Manfaat Membaca: Asah Imajinasi dan Tumbuhkan Empati

featured-image

Foto : Ilustrasi

KALTIMWARA.COM - BONTANG - Ada sederet alasan mengapa membaca menjadi aktivitas yang harus digeluti semua orang setiap harinya. Hal tersebut disampaikan akademikus Sudarman saat mengisi talk show di rumah jabatan Wali Kota Bontang, rangkaian Tour Library 2023 garapan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim, Selasa (28/11).

Tentu saja membangun wawasan dan melatih otak menjadi alasan yang paling awam ditemukan ketika membaca. Selain itu, memperbanyak perbendaharaan kosa kata, karena dalam setiap bacaan tentu ada beberapa kata yang baru ditemukan. Dan, harapannya itu akan membantu seorang individu lebih variatif dalam berkomunikasi.

Ada pula mengurangi stres karena membaca sebagai salah satu bentuk pelarian karena membawa Anda menyelami dunia imajinasi. Kemudian memperkuat daya ingat dan mengembangkan empati karena menyimak kisah dalam bacaan, bisa memahami berbagai perspektif atas pengalaman orang lain.

Selanjutnya, dia menyebut membaca bisa menstimulasi imajinasi karena pembaca harus memvisualisasikan apa yang dia baca, sehingga kreativitas semakin terasah. Demi konsentrasi ke arah tersebut membuat seseorang bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Selain itu menghibur dan memberikan efek relaksasi serta menjadi pintu masuk ke dunia pengetahuan yang baru.

“Kami berharap melalui pemahaman akan pentingnya membaca, para peserta dapat menjadikan kegiatan literasi sebagai bagian integral dari kehidupan sehari-hari mereka,” ucapnya. “Dengan begitu, diharapkan akan terbentuk generasi yang cerdas, kritis, dan berpengetahuan luas di Bontang,” tutupnya. (adv/hms/DPK)