DPK Gelar Penilaian Panji Keberhasilan Bagi Perpustakaan Daerah

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Grafik minat baca tidak lepas dari dukungan ketersediaan perpustakaan yang representatif. Demi menstimulus kehadiran fasilitas tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim pun menggelar penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di daerah se-Kaltim.

Kegiatan tersebut akan berlangsung hingga November 2023. Indikator penilaiannya antara lain peran pemerintah daerah dalam pembangunan perpustakaan. Termasuk menilai aspek kegiatan pendukung pembangunan perpustakaan dan pengembangan minat baca.

Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, DPK Kaltim Marthen Rumana mengatakan, kegiatan tersebut terlaksana setiap tahun. Namun, tahun ini, indicator penilaian lebih condong ke aspek kualitas ketimbang kuantitas. “Jadi tidak hanya melihat Pembangunan fisik, tetapi program pendukung pengembangan perpustakaan. Termasuk jumlah kunjungan dan konten yang disiapkan,” jelas dia.

Sebagai contoh, perpustakaan Bontang menggelar kursus penulisan atau lomba penulisan. "Kegiatan seperti itu yang kami lihat, apakah berdampak positif kepada masyarakat," tuturnya. Ia menuturkan, hasil penilaian panji keberhasilan pembangunan perpustakaan di Kaltim akan diumumkan pada November 2023. Puncaknya, pada Januari saat ulang tahun Provinsi Kaltim.

 Marthen Rumana berharap kegiatan tersebut bisa memotivasi pemerintah daerah (pemda) dan perpustakaan untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. (adv/hms/dpk)