Permudah Pustakawan, DPK Kaltim Jamah Perpustakaan Digital

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BERAU - Demi memudahkan akses masyarakat ke perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Bera uterus berinovasi. Terbaru, mereka mengandalkan perpustakaan digital berbasis website. Nah, demi memuluskan langkah tersebut, mereka pun melatih para tenaga pustakawan untuk bisa melayani para pemustaka dengan optimal di platform baru ini.

“Pelatihan ini untuk mempermudah pengelola perpustakaan dalam peminjaman buku, yang sekarang dapat dilakukan secara online,” jelas Kepala Dispusip Berau Yudha Budisantosa. Peserta pelatihan tersebut dari berbagai jenjang. Mulai pustakawan sekolah hingga desa.

Pelatihan itu menjadi pembekalan bagi para pustakawan dalam mempermudah transaksi peminjaman buku dan pengelolaan perpustakaan secara dalam jaringan. “Langkah ini merupakan bagian dari upaya Dispusip Berau meningkatkan SDM (sumber daya manusia), termasuk pengelola perpustakaan di sekolah hingga kampung,” paparnya.

Yudha juga menekankan pentingnya pengembangan perpustakaan di seluruh wilayah Berau, bukan hanya perpustakaan induk. Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pengelola perpustakaan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dan membuat layanan perpustakaan lebih mudah diakses melalui internet. “Ini merupakan langkah memanfaatkan teknologi di era digital ini untuk meningkatkan layanan perpustakaan,” tutupnya. (adv/hms/DPK)