DPK Kaltim Manfaatkan Teknologi Permudah Kinerja

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Beradaptasi dengan teknologi acap memudahkan bahkan hingga membantu meningkatkan kinerja. Hal tersebut yang dirasakan benar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim kini.

Salah satunya, untuk mengelola koleksi terbitan secara berkala, mereka mengandalkan aplikasi Inlist Lite. Lewat aplikasi tersebut, mereka bisa memasukkan data koleksi baru di perpustakaan, baik cetak maupun digital. “Aplikasi ini memudahkan kami mengetahui jumlah koleksi di ruang tertentu, berapa eksemplar yang tersedia, dan apa saja jenisnya,” kata Pustakawan Ruang Terbitan Berkala, DPK Kaltim Yenniwati.

Menurut Yenniwati, koleksi terbitan berkala di ruangnya mencapai 2.242 judul. Terdiri dari majalah, jurnal, dan buletin. Koleksi tersebut berasal dari berbagai sumber. Baik dari penerbit maupun instansi lain. “Kami belum mendapatkan kiriman jurnal terbitan berkala yang terbaru. Kami berharap ada kiriman terbaru agar koleksi kami semakin lengkap dan variatif,” katanya.

 Yenniwati menambahkan, koleksi terbitan berkala di ruangnya dapat diakses oleh masyarakat secara gratis. Ia mengimbau masyarakat untuk berkunjung ke perpustakaan dan gemar membaca.

Pihaknya siap melayani masyarakat yang ingin membaca koleksi terbitan berkala Perpustakaan Kaltim. Sebab, di sana juga tersedia fasilitas wifi gratis untuk masyarakat yang ingin mengakses koleksi digital mereka melalui aplikasi Inlist Lite. "Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi dan pengetahuan,” ujar Yenniwati. (adv/hms/dpk)