Disputakar Balikpapan dapat Sokongan Dana APBD

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BALIKPAPAN - Menyongsong 2024, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disputakar) Balikpapan berencana melengkapi koleksi bukunya. Disokong Rp 400 juta dari APBD Murni 2024 Balikpapan, mereka berencana menambah koleksi buku fisik dan e-book, masing-masing bernilai Rp 200 juta.

Untuk e-book nantinya dapat diakses melalui laman e-Balikpapan. Adapun kini Disputakar Balikpapan memiliki 108 ribu koleksi buku fisik dan 18 ribu judul e-book. “Dengan demikian, total koleksi buku kami mencapai 126 ribu judul dari berbagai disiplin ilmu. Perpustakaan ini juga menyediakan surat kabar dalam bentuk fisik dan digital,” jelas Kepala Bidang Perpustakaan, Dispustakar Balikpapan, Kartini.

Tentang penambahan ini, dia berharap warga Balikpapan bisa memiliki lebih banyak pilihan saat mengunjungi perpustakaan mereka. “Dispustakar akan bekerja sama dengan Aksaramaya, pengembang teknologi platform digital di Indonesia,” katanya.

Pengadaan buku ini merupakan bagian dari program Dispustakar dalam meningkatkan literasi baca di kalangan masyarakat Kota Beriman. Terkait dengan jenis koleksi baru yang akan ditambah, Kartini menyatakan bahwa Dispustakar akan menyesuaikan dengan kebutuhan warga.

Mereka telah menyiapkan tautan atau link yang disebar di perguruan tinggi, sekolah, dan masyarakat Balikpapan. Harapannya dari sana ada feedback berupa masukan dari masyarakat tentang kebutuhan berliterasi mereka.

Kartini berharap penambahan koleksi buku dan pelengkapan fasilitas dapat mengerek minat baca masyarakat dan menumbuhkan angka kunjungan ke perpustakaan. Selain koleksi buku, perpustakaan juga memiliki fasilitas multimedia, dengan sekitar 16 komputer yang dapat digunakan oleh pengunjung. (adv/hms/DPK)