Kunjungan Pembaca di Perpustakaan Kaltim Meningkat

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Minat baca masyarakat di Kaltim terus bertumbuh. Itu ditandai dengan tingginya angka kedatangan mereka ke perpustakaan dan kearsipan di Kaltim. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim mencatat, pada triwulan ketiga 2023, ada 10.762 orang mengunjungi berbagai perpustakaan dan kearsipan di Kaltim.

Pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, DPK Kaltim Marthen Rumana mengatakan, itu merupakan pertanda meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca dan mengakses informasi.

Angka tersebut didapat dari angka kunjungan yang tercatat di perpustakaan luar jaringan maupun perpustakaan dalam jaringan seperti iKaltim. “Jumlah pengunjung pada Juli tercatat sebanyak 3.295 orang, pada Agustus 4.246 orang, dan September 3.221 orang. Jumlah pengunjung paling banyak adalah kalangan mahasiswa, yang terjadi pada Agustus dengan total 1.916 orang,” ujar Marthen.

Sedangkan jumlah pengunjung pada aplikasi iKaltim pada 2023 sebanyak 304 orang, dengan perincian Juli 44 orang, Agustus 212 orang, dan September 48 orang. Menurutnya jumlah pengunjung aplikasi iKaltim masih rendah dibandingkan pengunjung langsung.

“Kami terus berupaya meningkatkan layanan aplikasi iKaltim agar lebih menarik dan mudah digunakan oleh masyarakat. Kami juga terus bersosialisasi dan promosi tentang aplikasi iKaltim kepada masyarakat,” tutur Marthen.

Marthen menambahkan, jumlah peminjam buku pada 2023 juga mengalami peningkatan. Peminjam buku terdiri dari peminjam e-book dan peminjam buku fisik. Peminjam ebook adalah mereka yang meminjam buku digital melalui aplikasi iKaltim. Sedangkan peminjam buku fisik adalah mereka yang meminjam buku cetak di gedung perpustakaan dan kearsipan.

Adapun jumlah peminjam e-book pada 2023 adalah 1.628 orang, dengan perincian Juli 554 orang, Agustus 739 orang, dan September 345 orang. Jumlah peminjam buku fisik 2023 adalah 4.254 buku, dengan perincian Juli 794 buku, Agustus 827 buku, dan September 995 buku.

Marthen berharap, peningkatan jumlah pengunjung dan peminjam buku dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. Ia juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan layanan perpustakaan dan kearsipan yang disediakan oleh DPK Kaltim. "Kami mengharapkan masyarakat dapat memanfaatkan layanan perpustakaan dan kearsipan secara optimal, baik secara langsung maupun daring,” pungkas Marthen. (adv/hms/dpk)