Bertujuan Ajak Anak Pesisir Suka Membaca

featured-image

Foto : Perpustakaan Keliling Bontang (Dok BPK)

KALTIMWARA.COM - BONTANG - Perpustakaan keliling punya banyak makna. Selain bisa menjangkau masyarakat yang jauh dari akses berliterasi, juga bisa jadi sarana berinteraksi antara pustakawan dan pemustaka. Hal tersebut yang ditangkap dengan baik oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Bontang.

Belum lama ini, mereka menggelar perpustakaan keliling, sekaligus menemui warga di SDN 015 Bontang Selatan di Pulau Selangan. Bertolak menggunakan kapal, mereka disambut hangat oleh masyarakat dan pihak sekolah. Pelajar tampak begitu antusias ketika kapal sudah merapat di Pulau Selangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak anak-anak di daerah pesisir untuk lebih aktif dalam membaca dan meningkatkan minat literasi di kalangan pelajar,” ucap Makhmuddin. Ia pun menyampaikan harapannya bahwa kegiatan ini dapat menjadi pendorong semangat belajar dan membaca di kalangan siswa.

“Kami sangat senang melihat antusiasme para siswa di SDN 015 Bontang Selatan. Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi mereka untuk lebih mencintai dunia literasi,” ujarnya. Selain memberikan akses ke berbagai buku dan sumber literasi, DPK juga memberikan informasi tentang pentingnya membaca dan perpustakaan sebagai sumber pengetahuan.

Kehadiran mereka di daerah pesisir ini diharapkan dapat membuka wawasan dan menumbuhkan minat baca di komunitas sekolah tersebut. Kegiatan perpustakaan keliling ini merupakan salah satu upaya DPK Bontang membawa manfaat literasi ke berbagai lapisan masyarakat, terutama di daerah-daerah yang mungkin sulit dijangkau secara reguler.

“Harapannya, semakin banyak anak-anak yang terinspirasi untuk menjelajahi dunia pengetahuan melalui kegiatan membaca,” tutupnya. (adv/hms/DPK)