Berliterasi Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - KUTAI KARTANEGARA - Aktivitas berliterasi kini menjadi salah satu aspek krusial yang harusnya sudah melekat dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan begitu, mereka bisa memahami informasi yang benar, dari sumber yang benar pula, dengan muaranya meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono. Literasi tidak hanya sebatas kemampuan membaca dan menulis, tetapi juga melibatkan pemahaman informasi serta keterampilan lain yang esensial dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan berliterasi yang kuat, masyarakat dapat mengakses informasi berkualitas, membuat keputusan bijak, serta membentuk karakter yang tangguh dan berakhlak. “Pemprov Kaltim telah membuktikan keseriusannya dengan membangun 43 unit pojok baca di seluruh wilayah, termasuk daerah perbatasan Indonesia-Malaysia,” katanya dalam talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat (PILM) di Kukar, belum lama ini.

Sunggono mengungkapkan bahwa jumlah unit tersebut akan terus bertambah, dengan target 2024 mendatang. “Hal ini bertujuan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki akses informasi dan pengetahuan yang seimbang,” tegasnya. (adv/hms/DPK)