Sebarkan Spirit Berliterasi ke Antero Provinsi

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Tour Library Kaltim 2023 dimulai. Sebanyak 10 mobil perpustakaan keliling, diiringi 150 orang pegiat literasi maupun representasi instansi, dilepas secara resmi, Senin (27/11). Mereka akan menyambangi daerah-daerah di Kaltim untuk menyebarkan semangat berliterasi.

Keberangkatan mereka dari Gelora Kadrie Oening Samarinda dilepas secara simbolis oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Muhammad Syafranuddin. Dia mengibarkan bendera tanda dimulainya perjalanan mulia tersebut.

“Sebanyak 10 mobil perpustakaan yang mewakili setiap kota dan kabupaten di Kaltim serta satu bus menjadi armada yang meramaikan perjalanan,” ujarnya, Senin (27/11). Adapun 150 orang tersebut berasal dari DPK Kaltim, pegiat literasi, dan beberapa tokoh. Itu jadi komitmen mereka terhadap peningkatan minat baca dan literasi di Kaltim.

“Kami siap membawa semangat literasi ke seluruh penjuru Kaltim, dimulai dari Bontang sebagai destinasi kedua Tour Library Kaltim 2023,” ucapnya. Tour Library Kaltim 2023 akan menyasar lima tempat strategis, meliputi Samarinda, Bontang, Kutai Timur, Tanjung Redeb, dan berakhir di Maratua.

“Setiap destinasi akan menjadi panggung bagi berbagai kegiatan literasi, mulai dari talk show, membaca bersama, hingga pameran buku,” paparnya. Perjalanan ini tidak hanya sebagai sarana distribusi buku, juga upaya nyata membangun budaya literasi yang kuat di masyarakat.

“Dengan menggandeng berbagai pihak dan mengajak masyarakat aktif, kami dari DPK Kaltim berharap Tour Library Kaltim 2023 menjadi tonggak positif dalam meningkatkan pemahaman dan minat baca di Kaltim,” jelasnya. (adv/hms/DPK)