Lewat Rakornas di Banyuwangi, Umumkan Kearsipan Kukar Terbaik di Kaltim

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BANYUWANGI - Kutai Kartanegara (Kukar) terpilih sebagai kabupaten dengan raihan kearsipan terbaik se-Kaltim. Itu diumumkan dalam rapat koordinasi nasional (rakornas) kearsipan 2023 di Banyuwangi, Mei lalu.

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kutai Kartanegara meraih penghargaan kinerja terbaik kearsipan klaster kabupaten/kota di Kaltim. Itu adalah buah manis dari kerja kerasnya menata dan mengelola kearsipan. Mereka meraih predikat sangat baik.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kepala Bidang Bidang Pengelolaan, Pemanfaatan Dan Pelayanan Kearsipan (P3K) DKP Kukar Varia Fadillah mengaku pihaknya tidak ada kendala dalam menata dan mengelola kearsipan. Itu karena mereka selalu mengikuti pedoman dari pemerintahan pusat.

Varia Fadillah tentu senang atas capaian itu. Sebab, kini Kukar menjadi percontohan dalam bidang kearsipan. Utamanya bagi 10 daerah di Kaltim. “Alhamdulillah tidak ada kendala dan kami terbaik se-Kaltim,” ucapnya dengan bangga. “Termasuk Balikpapan, Samarinda, bahkan bila dibandingkan dengan provinsi, kami masih yang terbaik,” tambahnya.

Varia Fadillah mengaku, bidang yang ia gawangi telah banyak menerima kunjungan studi tiru dalam manajemen penataan dan pengelolaan kearsipan. Dari berbagai kabupaten/kota di Kaltim. Perwakilan bidang kearsipan dari berbagai kabupaten/kota di Bumi Etam berbondong melihat bagaimana penerapan kearsipan di Kutai Kartanegara untuk diterapkan di daerah masing-masing.

“Seperti di Samarinda sendiri baru belajar ke kami 12 orang. Ada Balikpapan, juga Bontang,” imbuh Varia Fadillah. Selain itu DKP Kutai Kartanegara juga mendapatkan peringkat pertama dalam penghargaan sebagai penyelenggaraan kearsipan tingkat kabupaten/kota di Kaltim terbaik di antara 10 kabupaten dan kota se-Kaltim.

Selain bidang kearsipan, DKP Kukar juga diapresiasi sebagai kabupaten atas implementasi aplikasi SRIKANDI lingkungan kerja pemerintahan. Membuat Kukar tampak sangat baik dalam pengelolaan kearsipannya. (adv/hms/DPK)