DPK Kaltim Tarik Minat Baca Masyarakat

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Berbagai cara ditempuh Dinas Perpustakaan Kearsipan (DPK) Kaltim demi meningkatkan minat baca masyarakat. Salah satu caranya yakni menggandeng berbagai pihak agar masyarakat tertarik membaca.

"Kami tidak bisa bekerja sendiri, sebab ini bukan tanggung jawab kami sendiri, tetapi melibatkan semua komponen," ujar pustakawan Bidang Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim Marthen Rumana.

Sebagai perpanjangan tangan Pemprov Kaltim dalam bidang kepustakaan, ada beberapa institusi yang menjadi mitra kerja mereka, seperti organisasi profesi pustakawan, Asosiasi Pustakawan Sekolah Indonesia (Aspusi), Komunitas Penulis Kaltim, dan Gerakan Pembinaan Minat Baca (GPMB). "Mereka ada di setiap daerah, misalnya GPMB Kaltim, Kutai Kartanegara, Samarinda, dan Paser. Jadi dalam menjalankan program, kami bekerja sama dengan lembaga ini," katanya.

Stimulus lain yakni dengan menggelar lomba literasi. Tahun ini, terdapat beberapa lomba literasi yang telah mereka selenggarakan, seperti lomba perpustakaan SD, SMP, SMA, lomba bertutur tingkat SD, lomba resensi, dan lomba konten TikTok.

 "Lomba konten TikTok ini terakhir kami laksanakan September lalu. Peserta membuat konten Tik-Tok dengan tema mengampanyekan minat baca. Dan sudah terlaksana dengan baik," tuturnya. Marthen Rumana berharap program-program tersebut bisa merangsang pertumbuhan minat baca dan budaya berliterasi masyarakat Kaltim pada masa mendatang. (adv/hms/dpk)