Bontang Terbaik di Kaltim Dalam Urusan Literasi

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BONTANG - Wali Kota Bontang Basri Rase merasa terhormat bahwa daerahnya menjadi destinasi dalam rangkaian Tour Library Kaltim 2023 yang digagas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim. Menurutnya, langkah ini menumbuhkan keyakinan bahwa semangat kebersamaan bisa membangkitkan minat baca dan berliterasi masyarakat.

“Kami bangga bahwa Kota Bontang dapat menjadi bagian dari pergerakan literasi yang sedang berkembang di Kaltim. Bahkan, kami telah menjadi yang terdepan dengan tingkat literasi paling tinggi,” ujar Basri Rase, selepas menerima kedatangan rombongan Tour Library Kaltim 2023 di rumah jabatannya, Senin (27/11) siang.

Bontang yang juga memiliki fasilitas Creative Hub dan Cafe Library, menjadi pusat kegiatan literasi yang semakin memperkaya budaya membaca di kalangan masyarakat. Dirinya menyampaikan komitmennya untuk terus mendukung generasi muda Bontang melalui pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan di perpustakaan.

“Seribu argumentasi tidak lebih baik daripada satu aksi. Generasi muda Bontang akan terus didorong untuk mengikuti berbagai pelatihan di perpustakaan, menciptakan suasana belajar yang kreatif dan mendukung,” tambahnya dengan optimisme.

Tidak hanya memimpin dalam peringkat berliterasi, Basri juga mengatakan bahwa Bontang menduduki peringkat pertama di Kaltim dalam tingkat gemar membaca (TGM) sebesar 56 persen dan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) sebesar 74 persen. Pencapaian ini mengukuhkan Bontang sebagai percontohan dalam pengembangan minat baca dan literasi masyarakat.

“Di agama kita pun mengajarkan, bacalah. Dari sini kita harusnya sudah bisa mengerti bahwa semakin banyak membaca, selain membuat kita sehat, juga bisa mendatangkan kebahagiaan,” tegas Basri. (adv/hms/DPK)