Diskes Bontang Bersama DPK Kaltim Gelar Bimtek

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - BONTANG - Dinas Kesehatan (Diskes) Bontang menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim menggelar bimbingan teknis tentang tata naskah dinas dan kearsipan. Kegiatan tersebut terlaksana di Hotel Selyca Mulia Samarinda pada 30 November hingga 1 Desember.

Lewat kegiatan tersebut, Diskes Bontang berharap mereka bisa meningkatkan kualitas pelayanan sekaligus menjamin perlindungan data. Hal tersebut sesuai amanat Permendagri Nomor 88 Tahun 2022 dan Permendagri Nomor 1 Tahun 2023.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh staf Diskes Bontang beserta undangan dari beberapa daerah sebanyak 44 orang. Arsiparis Ahli Muda Tenaga Fungsional Kearsipan DPK Kaltim Dewi Susanti mengungkapkan pentingnya pengarsipan dalam ruang lingkup kedinasan.

“Bimtek tata kearsipan dan tata naskah dinas ini sangat bermanfaat dalam rangka penerapan tata naskah dinas sesuai dengan template tata naskah tentang surat-menyurat administrasi yang dilakukan di masing-masing unit kerja,” ungkapnya, Lebih lanjut, Dewi menjelaskan tata naskah dinas itu begitu penting. Karena menjadi sarana komunikasi tertulis yang digunakan lembaga pemerintah dalam penyelenggaraan pemerintahan dalam rangka menuju digitalisasi arsip.

“Teman-teman juga diajak mengenal kode pengklasifikasian masalah kearsipan di unit kerja,” kata Dewi. Bimtek tata naskah dinas dan tata kearsipan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengelolaan tata naskah dinas dan tata kearsipan di Diskes Bontang. “Percepatan dalam rangka pengambilan keputusan pimpinan untuk menindaklanjuti segala kegiatan yang dilakukan di lembaga,” jelasnya.

Dewi berharap pengelolaan kearsipan di unit kerja Dinkes Bontang bisa bersinergi sesuai petunjuk. “Kalau sudah ada pedoman petunjuk teknis diberikan ke mereka. Selain keseragaman dalam administrasi surat-menyurat. Juga membangun kiat sadar arsip di unit kerjanya,” pungkasnya. (adv/hms/DPK)