Mendongeng dan Membaca Bersama 1.000 Anak

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Derasnya hujan pada Minggu (26/11) pagi nyatanya tak menjadi penghalaman seribuan siswa sekolah dasar menghadiri acara mendongeng dan membaca bersama 1.000 anak di gedung serbaguna Gelora Kadrie Oening. Semangat para peserta tersebut kemudian mendapat apresiasi dari berbagai pihak.

Seperti salah satunya yang disampaikan seorang guru pendamping SDN 007 Kecamatan Loa Janan Nuraini. Di sana, dirinya hadir mendampingi 10 siswanya. Dia berterima kasih kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim sebagai penyelenggara kegiatan tersebut.

Yang membuatnya terkesan, seluruh peserta hadir mengenakan batik dan seragam sekolah masing-masing. Dia pun mengapresiasi kegiatan tersebut karena menjadi salah satu saran efektif meningkatkan literasi di kalangan muridnya. Menurutnya, membaca akan berdampak positif dalam pengembangan kemampuan menulis anak-anak. “Dari menulis, nanti anak-anak akan terlatih menuturkan cerita. Jadi, kegiatan seperti ini sangat baik untuk melatih imajinasi anak-anak juga,” paparnya.

“Tentunya kami dari para guru percaya bahwa kegiatan semacam ini bukan hanya memberikan manfaat langsung dalam meningkatkan minat baca anak-anak, tetapi juga membuka pintu bagi pengembangan keterampilan menulis dan berbicara mereka. “Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi dorongan positif dalam upaya menciptakan generasi yang literat dan kreatif di Kaltim,” tutupnya. (adv/hms/dpk)