Aplikasi SRIKANDI Permudah Kebutuhan Arsip

featured-image

Foto : Istimewa

KALTIMWARA.COM - SAMARINDA - Aplikasi SRIKANDI berhasil mempermudah proses pengarsipan secara digital. Hal tersebut dirasakan benar oleh Pemkab Mahakam Ulu (Mahulu). Harapannya, semakin banyak organisasi perangkat daerah (OPD) yang bisa memaksimalkan keberadaan aplikasi tersebut untuk pemenuhan kebutuhan pengarsipan.

Salah satu upaya memperbanyak OPD yang piawai menggunakan aplikasi tersebut, yakni dengan menggelar pelatihan. Hal itu yang sudah dilakukan Bappelitbangda Mahulu dengan menggandeng Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Kaltim yang diwakili arsiparis ahli muda Dewi Susanti Elha.

Asisten Bupati Bidang Administrasi Umum Kristina Tening mengatakan, SRIKANDI perlu diketahui oleh seluruh pegawai OPD guna membantu pengelolaan dan pencarian arsip secara cepat dan tepat. “Komitmen harus dibangun untuk mengelola arsip dengan baik. Ke depannya setelah mendapat ilmu mengenai SRIKANDI, kami akan segera rancangkan penganggaran dan pembinaan secara berkelanjutan untuk memperkenalkan peran penting arsip bagi OPD,” papar Kristina.

Pelatihan itu jadi komitmen mereka menuju Mahulu tertib pengelolaan arsip secara digital. “Kalau ada arsip bisa memudahkan pekerjaan, tidak hanya sekadar dokumentasi. Saya percaya Mahulu dengan kemauan yang terus belajar akan terus semakin mengembangkan sistem di dalamnya dengan baik terutama pada regulasi dan proses kearsipannya,” pungkas Kristina. (adv/hms/dpk)