Jembatan Mahakam Samarinda Kembali Di Senggol Ponton Batu Bara

featured-image

Tangkapan Layar Video Ponton Batubara Tabrak Jembatan Mahakam

Samarinda - Jembatan Mahakam di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) kembali di tabrak kapal tongkang bermuatan batu bara. Akibat tabrakan itu membuat jembatan bergetar usai tabrakan.

Detik-detik kapal menabrak jembatan sempat direkam warga, warga di sekitar lokasi pun histeris saat mendengar bunyi dentuman akibat tabrakan tersebut 

"Goyang jembatan, goyang jembatan," ucap salah satu warga di lokasi.

Kasi Keselamatan Berlayar, Penjagaan dan Patroli Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II A Samarinda, Riad membenarkan insiden tabrakan kapal yang menabrak jembatan Mahakam itu.

"Iya benar terjadi ditabrak, kami saat dapat laporan itu, langsung perintahkan anggota ke lapangan begitu juga ngejar ke kapal," ucap Riad, Jumat (23/12/2022).

Riad menjelaskan tabrakan terjadi pada Jumat pagi (23/12) pukul 07.20 Wita. Diketahui saat tabrakan kapal tersebut bergerak dari hulu ke arah pelabuhan Muara Berau, Samarinda.

"Kapal posisi sekarang kami tambatkan di luar di dekat jembatan Mahkota. Untuk pemilik kapal kami itu belum tau. Tapi agensi nya itu multi line Borneo," jelasnya.

Sampai saat ini pihaknya bersama Polairud masih di lapangan melakukan interograsi terhadap nahkoda kapal serta pelaksanaan pengelolaan kapal yang bertanggung jawab saat kapal tersebut melintas.

"Dugaan sementara kami belum tau apa itu dari kelalaian kapalnya sendiri atau memang faktor alam," kata Riad.

"Tapi minimal sesuai tupoksi kami nanti akan meminta keterangan nahkoda orang kapal, begitu juga dari pandu penggolongan dari Pelindo selaku yang dilimpahkan dan menangani penggolongan disana," imbuhnya.

Selain itu mengenai kondisi jembatan, pihaknya pun telah berkoordinasi kepada pemerintah daerah setempat untuk mengecek kerusakan yang terjadi akibat tabrakan tersebut.

"Mereka ada di lapangan pengecekan teknisi layak tidaknya Jembatan itu di lewati, kami fokus ke kronologi nya dulu," pungkasnya. (Nta)